Aki Blazer dan Masalahnya

Friday, August 28, 2015

Utk tipe standar aki Blazer adlh DIN 55559 (55 A) sy pernah lht Blazer ada yg pakai aki smp 80 A (DIN 58024) DIN mksdnya aki dgn tipe kutub yg tenggelam pd bodinya (biasanya di mbl2 Eropa/Amrik) Ini penting pd Blazer krn posisi aki yg rentan bersentuhan dgn ujung kap motornya, dgn kutub plus-minus aki yg tenggelam jauh lbh aman dari bahaya korsleting krn kutub plus aki yg bersentuhan dgn kap motor tadi
 Kl utk aki baru tipe kering (MF) cendrung sdkt lbh powerfull dr yg basah. Tp tipe MF lbh rawan rusak krn panas berlebih jd biasanya dibikinkan sekat atau dibungkus Thermoshield sebagian bodi aki yg berhadapan dgn mesin. Sdgkan tipe basah cendrung lbh tahan panas asal air aki dijaga, jika kwalitas air sdh rendah dpt dikuras/diganti aki zuur baru atau dibuang setengah airnya lalu ditambahkan air aki biru yg sdh dicampur doping, niscaya aki kembali bugar asal sel2 aki msh dlm keaadaan prima, please CMIIW
Oh iya kl sdh bulat dgn aki basah, usahakan beli akinya dlm keadaan kosong/tanpa air sj (hrg aki beda tanpa air) Nt belikan aki zuur (tutup merah) merk Yu**a krg lbh 5 btl uk 1 ltr utk Anda isi sendiri. Mhn maaf krn aki zuur curah yg biasanya diisikan ke aki baru oleh toko2, bbrp kwalitasnya rendah jd sel2 aki rentan tdk bertahan lama kecuali aki merk G* Hy***d Hijau yg sdh terisi airnya dr pabrik bersangkutan
 Oh iya om Arie Ardiansyah, apa benar, untuk pemasangan kabel aki di blazer tidak boleh terlalu kencang? Sebelumnya aki saya agak kendor, lalu saya kencengin, ke esokan harinya aki saya kembung, makanya saya mau ganti aki.
Saya pernah baca berita, chevrolet spin di indonesia direcall, karena permasalahan aki pada kembung, karena pemasangannya terlalu kencang
Kedua kepala aki hrs terpasang kencang proposional (tdk spt mengencangkan baut roda yg biasanya dibantu pipa pjg) krn jika berlebihan dikhawatirkan kepala/skun maupun kabel aki yg sdh berumur akan patah atau putus. Sebaliknya, kepala aki yg kendur amat beresiko sekali. Mulai dr sulit di-start, pengisian strum tdk sempurna, korsleting hingga kebakaran. Kutub plus yg kendur berakibat panas berlebih pd kutub tsb apalagi kl sampai terlepas & bersentuhan dgn bodi/plat lainnya pasti memercikan bunga api yg akhirnya menyambar bagian lain yg mdh terbakar seperti plastik/karet (selang bensin & klem yg berumur/sering dibongkar-pasang beresiko bensin nguap/rembes)
Aki kembung itu lbh disebabkan krn faktor usia, panas berlebih hingga cacat produk. Utk kasus Spin analisa sy lbh krn aki yg diproduksi pd rentang waktu periode itu cacat produksi (relatif tdk tahan panas sehingga aki menjadi cepat kembung) jd diperlukan tindakan Recall oleh Chevy utk menyelamatkan image yg dibiayai vendor akinya, kasian amat tuh vendor tp emang salahnya jg sih Xixixi..
Share

1 comment:

 
Copyright © 2016. BLAZERIAN INDONESIA Chapter AKRAB.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.