Deteksi kerusakan dari Warna Gas Buang..
Mau berangkat kerja, manasin boil dulu, agar oli naik, sesaat kok ada asap
putih ngepul dari belakang hii…serem… pagi-pagi ada penampakan hehehe.. bukan
penampakan bro.. itu tanda ada yang ga beres ama mesin mobil, kali ini tim
duniabengkel kasih tips untuk mendeteksi kerusakan mesin dari warna gas buang.
1. Asap kenalpot berwarna hitam
Campuran bensin terlalu kaya, bikin mata pedih kaya lagi ngupas bawang, gas
buang yang berwarna hitam berasal dari bensin yang tidak terbakar sempurna,
setel campuran bensin-udara agar seimbang agar gas buang normal kembali (tidak
berwarna) periksa mainjet dan pilot jet untuk mesin yang menggunakan
karburator, untuk mesin injeksi bisa cek filter udara, bersihkan bila perlu,
cek TPS, MapSensor, O2 sensor, Remapping ECU agar campuran bahan bakar
sempurna. Periksa kondisi busi dan pengapian lakukan penyesuain juga.
2. Asap kenalpot berwana putih
Klo kasus ini terjadi berarti ada oli yang masuk kedalam ruang bakar, coba
periksa lagi.. apakah asap putih hanya keluar dipagi hari, atau terus menerus
..?
- Bila asap hanya keluar dipagi hari biasanya kerusakan yang terjadi di
seputaran kepala silinder, seperti seal klep yang sudah mulai getas, sitting klep
sudah mulai “aus”, bushing klep sudah mulai “aus”. Sekarang tinggal lakukan
perbaikan dibagian yang tersebut
diatas tadi, klo mau gampangnya daripada beli ketengan satu-satu mendingan
ganti gelondongan aja pake mesin eks singapur, harga lebih murah, digaransi ama
yang jual, tinggal cek sekir klep trus pasang, gampang kan.. Cuma pilihannya belum banyak, masih
pada merek-merek kendaraan tertentu, yang ga kebagian.. mau ngga mau ya kudu
rebuilt silinder head. Sekedar buat tambahan silinder head Daihatsu “Espass”
bisa pake punya “Classy” harga dipasaran mesin limbah paling mahal 650rb, coba
klo ente beli klep 16 biji, trus ketukang bubut setting klep, trus ganti
busingnya, beli sil paking “top head” bisa tembus 1jt lebih bro.., kuncinya
tetep kudu perhatian ama barang yang bakalan ditebus ok bro..
- Asap Knalpot terus mengepulkan asap putih = turun mesin = ganti mesin =
jual.. waduh.. putus asa banget.. kenapa ngga ganti mesin aja (engine swap)
biasanya boil tahun 70-80an udah banyak yang turun mesin, meskipun sebagian
masih ada yang fit, namun usia kendaraan udah boleh dibilang uzur, Cuma jangan
anggap remeh mobil uzur, anak bengkel ngga boleh putus asa, kreatif doonk..
Asap putih yang keluar terus menerus diakibatkan sehingga ruang bakar dipenuhi
dengan oli yang bocor melalui dinding piston, akibatnya tenaga
mobil loyo karena piston sudah aus, kompresi bocor, ruang bakar penuh kerak
karena oli yang dibakar meninggalkan “deposit kerak”, lebih bahaya lagi oli
mesin habis dan anda tidak sadar, metal jalan pada “kruk as” tergores karena
kurangnya pelumasan, dan bisa berakibat macet total.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment